5 Hadis Nabi tentang Keluarga yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Hadis Nabi tentang Keluarga yang Wajib Kamu Ketahui – Setelah resmi menikah, sahabat garap tentunya pasti tau ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh suami istri terutama dalam membina sebuah keluarga yang sakinah. Dalam ajaran agama Islam ada banyak pembelajaran yang bisa diteladani untuk setiap pasangan suami istri, yakni hadis-hadis Rasulullah.

Perlu Sahabat Garap ketahui bahwa hadis-hadis tersebut memiliki banyak makna untuk kedudukan keluarga dalam ajaran agama Islam. Pembelajaran yang bisa diambil mulai dari pengingat untuk selalu menjaga tali silaturahmi, keharmonisan serta memberikan nafkah bagi anggota keluarganya.

Tak hanya itu, hadis-hadis yang berkiatan dengan keluarga ini juga mengandung banyak hikmah yang bisa Sahabat Garap terapkan untuk keluarga di rumah atau calon keluarga baru.

Apa saja sih hadis yang bisa menjadi teladan untuk sebuah keluarga yang sakinah? yuk Sahabat Garap kita simak  beberapa hadis nabi tantang keluarga yang wajib kita ketahui.

 

 

1. H.R Bukhari tentang pemimpin dalam keluarga

 

Diketahui Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda dalam H.R Bukhari, yakni:

 

“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya dan imam adalah pemimpin dan orang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan wanita adalah penanggung jawab atas rumah suami dan anaknya. Dan, setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.”

 

Dalam hadis tersebut diperlihatkan bagaimana seorang suami dan istri merupakan pemimpin bagi keluarganya. Suami bertanggung jawab atas seluruh keluarganya, sementara istri bertanggung jawab atas suami dan anaknya.

 

 

2. H.R Abu Dawud tentang menyia-nyiakan keluarga

 

Keluarga adalah mereka yang perlu dimuliakan bagi siapa saja anggota di dalamnya. Terlebih sosok Papa yang memiliki kewajiban tertinggi dalam memimpin keluarga. Apabila menyia-nyiakan keluarganya, maka dosalah yang akan diterima.

Sebagaimana disebutkan dalam H.R Abu Dawud, “Cukup berdosa orang yang menyia-nyiakan tanggung jawab keluarga.”

 

 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Uang Tabungan 

 

 

3. H.R Muslim tentang pahala berinfak untuk keluarga

 

Dalam H.R Muslim dijelaskan bahwa sebaik-baiknya infak yang dikeluarkan untuk orang sekitar, paling besar pahalanya ialah infak yang dikeluarkan kepada keluarga.

 

Sebagaimana disebutkan, “Satu dinar yang kau infakkan di jalan Allah, satu dinar yang kau infakkan pada hamba sahaya, satu dinar yang kau sedekahkan kepada seorang miskin, dan satu dinar yang kau infakkan kepada keluargamu. Yang paling besar pahalanya adalah yang kau infakkan kepada keluargamu.”(H.R. Muslim)

 

 

4. H.R Ad Darimi tentang kelahiran anak dalam keluarga

 

Ketika pasangan suami istri dianugerahi kelahiran buah hati, maka mereka harus menerimanya dengan sukacita serta tidak boleh menolaknya.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam H.R Ad Darimi:

 

Barang siapa yang mengingkari anaknya, sedang anak itu mengetahuinya maka Allah akan menutup diri dari orang itu. dan keburukannya akan ditunjukkan di hadapan orang-orang terdahulu dan kemudian.”

 

 

 

5. H.R Ahmad tentang berjuang di jalan Allah mencari nafkah

 

Mencari nafkah untuk keluarga merupakan pahala bagi mereka yang menjalankan kewajibannya dengan baik. Selain itu, dalam hadis disebutkan bahwa siapa yang mencari nafkah untuk keluarga, maka sama dengan berjuang di jalan Allah Azza Wajalla.

Sebagaimana disebutkan dalam H.R Ahmad, “Barang siapa bekerja keras mencari nafkah untuk keluarganya, itu sama dengan berjuang di jalan Allah Azza Wajalla.”

 

 

 

Nah itulah 5 hadis tentang keluarga yang wajib kita ketahui bagi sahabat garap yang sudah berkeluarga ataupun yang berencana ingin berkeluarga, hadis ini bisa kita terapkan sehari-hari didalam keluarga kita agar bisa membangun dan menciptkan keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah serta untuk menggapai cinta sang ilahi.

 

 

 

Hubungi kami:

Website: garapundangan.com
WhatsApp: +62 813-9938-9965

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

satu Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *