7 Tips Mengasuh Anak Yang Baik Di Era Society 5.0

Tips Mengasuh Anak Yang Baik Di Era Society 5.0 – Membesarkan anak tidak hanya berarti memimpin, membimbing dan memotivasi anak. Tetapi membutuhkan kesadaran diri sendiri sebagai orang tua yang telah diberi tanggung jawab. Psikolog anak Elly Risman Musa mengatakan bahwa mendidik anak tidak hanya menjadikan anak sebagai satu-satunya objek pendidikan, tetapi juga orang tua. Untuk membesarkan anak, Anda harus mulai dari diri Anda sendiri, karena anak akan meniru apa yang paling dekat dengan mereka. Maka dari itu, Elly Risman membagikan beberapa tips parenting, yaitu:

 

1. Benamkan Diri Anda

Dia menyarankan orang tua untuk menyelami diri mereka sendiri. Orang tua juga diajak untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu. Orang tua harus merenungkan dan mengingat apa yang terjadi pada mereka di masa lalu. Apakah ada kejadian yang masih menggetarkan hatimu.

 

2. Selesaikan Masalah dengan Diri Anda Sendiri

Orang tua juga harus memikirkan hal ini sendiri. Orang tua juga harus belajar memaafkan orang yang pernah menyakiti kita di masa lalu dan meminta maaf kepada orang yang pernah kita sakiti. Bantu pasangan Anda menyelesaikan urusan masa lalunya. Komunikasikan dengan pasangan Anda tentang segala hal yang masih penting bagi Anda dan saling memaafkan.

 

3. Menyetujui Pola Asuh

Atur pengasuhan bersama suami dan istri, pengasuhan bersama atau pengasuhan ganda. Menentukan keturunan juga tidak mudah karena banyak hal yang harus diperhatikan dan diperhatikan. Selain itu, risikonya bisa tinggi ketika orang tua salah menentukan pola asuh yang tepat untuk anaknya. Pelajari tentang ilmu parenting agar tidak salah paham.

 

4. Tetapkan Ulang Tujuan Pengasuhan

Pasangan harus merumuskan kembali tujuan pendidikan dan menyepakatinya bersama. Evaluasi model pendidikan Anda sebelumnya, kenali dan akui kesalahan jika perlu dan segera perbaiki. Harus ada prinsip dalam mengasuh anak. Jangan jadi orang biasa, ikuti trend saat ini.

 

5. Mainkan Sosok Ayah

Bawa ayah pulang dan jadikan dia pemimpin yang mengarahkan pendidikan agama anak-anaknya. Ayah harus mengingat dengan baik bahwa dialah yang nantinya akan bertanggung jawab di pengadilan Allah atas agama dan moral istri dan anak-anaknya. Hal ini juga menuntut orang tua untuk mengubah dan memperbaiki kebiasaan pengasuhan anaknya.

 

Baca juga : 7 Tips Bisa Beli Rumah Setelah Menikah

 

6. Persiapkan Anak-Anak Untuk Baligh

Jangan lupa bahwa ketika seorang anak mencapai pubertas, mereka adalah mulatto, yang berarti hukum yang ditetapkan Allah berlaku untuk mereka dan itu berarti mereka sudah dewasa muda, bukan remaja lagi. Hal itu membutuhkan waktu persiapan yang lama serta pematangan intelektual dan moral anak. Satu minggu tidak cukup persiapan.

 

7. Persiapkan Anak Untuk Menjadi Teknologi

Orang tua tidak boleh serakah mengikuti tren. Jangan setuju untuk memberikan gadget hanya karena orang lain melakukannya untuk anak-anak mereka. Malu jika Anda adalah orang tua yang malas mencari alasan untuk tetap berkomunikasi dengan teman dan melakukan pekerjaan lain untuk memberikan ponsel kepada anak Anda. Atau belikan mainan agar anak-anak bisa bersenang-senang sambil bermain dan orang tua tidak repot.

 

Baca juga : 4 Tips Financial Planning Sebelum Punya Anak

 

Ini adalah beberapa tips untuk membantu orang tua mempersiapkan diri untuk membesarkan anak-anak mereka dengan benar dan bertanggung jawab. Ingat, mulailah dari diri sendiri. Karena sejatinya anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan pertama sekali, lingkungan terdekat adalah keluarga. Buat para jomblo yang ingin menikah dan ingin membuat undangan digital bisa langsung pesan ke mimin ya.

 

Hubungi kami:

Website: garapundangan.com
WhatsApp: +62 813-9938-9965

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *