7 Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan yang Baru Menikah

Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan yang Baru Menikah – Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan. Karena itu, mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Perlu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi.

Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan atau hiburan. Mengatur keuangan rumah tangga bukan hanya menjadi tanggung jawab satu orang saja. Baik suami maupun istri, sama-sama mempunyai peran yang vital dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Apa risiko yang terjadi apabila Anda salah dalam mengatur keuangan rumah tangga? Dampaknya bisa sangat buruk. Missed manajemen dalam mengatur keuangan rumah tangga bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar? Berikut adalah 7 Tips  yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga bagi pasangan yang baru menikah secara efektif.

 

 

 

1. Buat anggaran bersama

 

Buat anggaran bulanan bersama untuk memastikan bahwa pengeluaran dapat dipantau dan dikontrol secara efektif.

 

 

2. Bicarakan prioritas keuangan

 

Diskusikan apa yang menjadi prioritas keuangan bersama dan pastikan bahwa uang yang dibelanjakan sesuai dengan prioritas tersebut.

 

 

3. Bagi tugas keuangan

 

Tentukan siapa yang akan menangani pembayaran tagihan dan pengelolaan uang.

 

 

4. Buat Anggaran Belanja setiap Bulananan

 

tips ini sangat dianjurkan nih supaya terhindar dari gaya hidup boros. Catatlah anggaran belanja untuk sebulan ke depan. Tulis daftar belanja secara rinci apa saja yang harus dibeli dan pastikan jangan sampai ada yang terlewat. Apabila kamu memiliki pengeluaran lain yang harus kamu bayar, maka juga harus ditulis pada daftar anggaran.

Untuk kamu yang menerapkan cara ini, maka kamu akan dapat mengontrol ke mana aliran gaji dalam sebulan sekaligus menentukan mana yang harus diprioritaskan dalam menggunakan uang. Menabung tidak harus dilakukan dengan cara-cara klasik yang membosankan dan memberatkan. Tentu banyak cara lain yang bisa dilakukan agar kegiatan menabung dapat menjadi hal yang seru. Menabung bisa menjadi budaya yang melebur ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

 

BACA JUGA: 8 Tips Supaya Kamu Bisa Beli Rumah Sendiri Setelah Menikah

 

 

5. Belilah Kebutuhan Bukan Keinginan

 

Kamu harus bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Dengan tahu perbedaan ini, maka kamu akan terhindar dari hidup boros. Jadi, untuk membeli barang atau sesuatu mengharuskan kamu berpikir matang untuk mengeluarkan uang. Jangan sampai kalian membeli barang karena emosi. Kamu harus bisa memilih barang yang ingin dibeli tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan saja. Jika barang tersebut memang kebutuhan, maka tidak ada salahnya untuk membeli. Sebaliknya, jika barang tersebut hanya keinginan, sebaiknya jangan dibeli.

 

 

6. Alokasikan Dana Darurat

 

kehidupan ini tidak bisa diprediksi, termasuk masalah keuangan. Agar Grameds tidak kelimpungan harus mengeluarkan biaya dalam jumlah yang banyak saat ada kebutuhan yang tidak terduga, mengalokasikan dana darurat adalah salah satu caranya.

Tidak harus dengan nominal yang besar, karena dengan melakukan alokasi ini berarti kamu sudah mengarah pengelolaan keuangan yang sehat.

Usahakan alokasi dana darurat ini selalu ditingkatkan setiap bulannya hingga mencapai nominal yang cukup untuk setiap bulannya. Perhitungannya sederhana, minimal tiga kali dari total kebutuhan hidup kamu selama satu bulan. Jika kamu sudah memiliki dana darurat, kondisi keuangan Grameds akan tetap berjalan dengan semestinya meskipun masalah datang tiba-tiba.

 

 

 

BACA JUGA: 5 Pertanyaan Dasar yang Harus Dijawab untuk Meyakinkan Diri Siap Nikah

 

 

 

7. Selalu Terapkan Prinsip Berhemat

 

Jika sudah terlanjur terbiasa hidup boros, maka sekarang saatnya harus meyakinkan diri untuk bisa disiplin dan selalu menerapkan prinsip berhemat.

Prinsip berhemat harus dilakukan secara disiplin baik di awal bulan maupun di akhir bulan. Pengelolaan keuangan bisa dikatakan sehat Ketika pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Kondisi tersebut tentu harus bisa didapatkan dengan tetap memenuhi semua kebutuhan pokok serta tabungan atau pengembangan dana.

Seperti warga China yang terkenal pandai berhemat, jangan gunakan uangmu untuk berfoya-foya sebelum mencapai keuangan yang sehat. Prinsip ini ada baiknya untuk diikuti. Ketika mendapatkan penghasilan, jangan segan untuk menyisihkan Sebagian untuk menabung atau investasi. Komitmen untuk terus berhemat dan tidak menghamburkan uang adalah hal yang penting.

 

 

Ingatlah bahwa perencanaan dan komunikasi adalah kunci untuk mengatur keuangan dengan sukses.

 

 

 

 

Hubungi kami:

Website: garapundangan.com
WhatsApp: +62 813-9938-9965

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *