Kenapa Quality Time Bersama Keluarga Itu Sangat Penting?

Kenapa Quality Time Bersama Keluarga Itu Sangat Penting? – Hai Sahabat Garap bagaimana puasanya semoga lancar terus ya, selama bulan Ramadan mungkin sebagian Sahabat Garap lebih banyak Beraktivitas di rumah, dirumah memang terasa nyaman dan menyenangkan. Apalagi bila Anda bisa menikmati quality time bersama keluarga secara rutin. Jadi, sahabat garap bisa mamnfaatkan waktu tersebut jangan sibuk dengan gadget atau urusan masing-masing ketika berada di rumah, ya. Berkegiatan bersama keluarga juga penting untuk mendukung kesehatan mental Anda sekeluarga loh..

Apakah selama ini Sahabat Garapa pernah merasakan quality time bersama keluarga masih sangat terbatas?

Tapi jangan resah dulu menghadapi hal tersebut. Sahabat Garap masih bisa mengupayakan quality time yang lebih intensif dan menyenangkan mulai sekarang. Jadi, simak dulu ulasan tentang manfaat dan berbagai cara quality time keluarga berikut ini supaya Sahabat terinspirasi untuk mewujudkannya, sebelum kita bahas tentang manfaat quality time apa sahabat garap udah tau apasih  yang dimaksud dengan Quslity Time itu? mari kita simak bersama :

 

 

Apasih yang Dimaksud dengan Quality Time?

Menurut penulis buku berjudul Five Love Language asal Amerika, Dr. Gary Chapman, ada 3 jenis bahasa cinta yang bisa diaplikasikan ke dalam berbagai jenis hubungan antara lain, percintaan, keluarga, dan pertemanan. Salah satunya adalah quality time.

Love language sendiri adalah cara seseorang untuk mengekspresikan cintanya kepada orang lain. Kelima bahasa cinta tersebut adalah sebagai berikut:

 

> Words of affirmation (kalimat-kalimat positif seperti pujian, apresiasi, dan kata-kata lain yang mengungkapkan rasa sayang).

> Quality time (tindakan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang disayangi).

> Receiving gifts (inisiatif memberikan sesuatu kepada orang yang disayangi, tetapi tidak selalu identik dengan kado mahal).

 

Ternyata, quality time juga termasuk salah satu bahasa cinta yang penting bagi kehidupan manusia. Quality time bisa didefinisikan sebagai waktu yang Sahabat gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan. Kesibukan apapun tak boleh membuat Sahabat lalai melakukan quality time keluarga supaya bisa mendapatkan banyak manfaat dari rutinitas tersebut.

 

 

Baca Juga : Tips untuk Orangtua Menjaga Kesehatan Mental Pada Anak Remaja

 

 

Berbagai Manfaat Quality Time Bersama Keluarga

Beberapa manfaat yang bisa Sahabat Garap sekeluarga dapatkan jika meluangkan quality time secara teratur adalah sebagai berikut:

> Menguatkan ikatan emosional antara keluarga. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa saling mengasihi dan memahami satu sama lain. Hal ini membuat masing-masing anggota keluarga tak segan mengutarakan permasalahannya karena anggota keluarga lain pasti turut membantu mencarikan solusi. Quality time juga sangat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan.

> Menunjukkan kepedulian kepada keluarga, terutama di sela-sela rutinitas kerja atau bisnis yang super sibuk. Menghabiskan waktu senggang bersama keluarga adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Anda sangat menyayangi keluarga.

> Mengetahui perkembangan atau pencapaian pribadi seluruh anggota keluarga. Orang-orang yang lalai menyediakan quality time keluarga biasanya tidak mengetahui perkembangan anggota keluarga, misalnya prestasi anak di sekolah, pekerjaan pasangan di kantor, atau kondisi kesehatan orang tua. Jangan sampai hal ini terjadi berlarut-larut hingga membuat hubungan Anda dan keluarga makin renggang.

> Memaksimalkan performa masing-masing anggota keluarga untuk urusan sekolah, bekerja, berbisnis, atau mengurus rumah tangga. Keluarga yang bahagia merupakan motivasi utama untuk meraih berbagai hal baik saat beraktivitas.

> Meningkatkan kesehatan fisik seluruh anggota keluarga. Manfaat ini bisa diperoleh bila Anda sekeluarga mengisi quality time dengan hal-hal bermanfaat, misalnya olahraga bersama, memasak makanan sehat, mendaki gunung, atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Hal ini tentu turut memperpanjang usia harapan hidup.

> Meningkatkan kesehatan mental seluruh anggota keluarga karena setiap anggota keluarga merasa nyaman berinteraksi satu sama lain. Hal ini membuat risiko stres, depresi, gangguan kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya dapat diminimalkan.

 

Tips Quality Time Efektif Bersama Keluarga

Setiap keluarga pasti punya cara masing-masing untuk melakukan quality time. Kalau Anda merasa quality time keluarga Anda masih sangat terbatas, cobalah beberapa tips berikut ini supaya quality time jadi lebih efektif:

> Meluangkan waktu secara teratur untuk quality time keluarga, misalnya menetapkan hari minggu sebagai waktu berkumpul keluarga di rumah. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa melakukan aktivitas pribadi pada hari lain dan meluangkan waktu pada hari quality time yang telah ditentukan.

> Menjauhkan diri sendiri dan keluarga dari berbagai gangguan quality time, misalnya bermain gadget dan tumpukan pekerjaan. Anda bisa membuat permainan sederhana yang menantang selama quality time. Contohnya, anggota keluarga yang pertama kali tergoda menggunakan gadget saat quality time harus mentraktir seluruh anggota keluarga.

> Mengajak seluruh anggota keluarga merencanakan kegiatan seru secara bergantian. Sehingga semua anggota keluarga bisa memberikan ide tentang aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama.

> Menahan ego untuk membicarakan hal-hal bersifat sensitif (misalnya bertanya tentang rencana menikah, prestasi, atau pekerjaan anggota keluarga lain) sehingga momen quality time berlangsung menyenangkan tanpa menyinggung perasaan salah seorang anggota keluarga.

> Menyisihkan uang tabungan secara disiplin supaya Anda sekeluarga bisa merasakan quality time di luar rumah, misalnya staycation atau mengunjungi destinasi wisata impian.

 

 

 

Nah itulah kenapa quality time bareng keluarga sangatlah penting, memang ewujudkan quality time keluarga secara teratur memang bukan perkara mudah. Oleh sebab itu Sahabat Garap harus pintar-pinta mengatur waktu bersama keluarga, karena waktu bersama keluarga itu menjadi hal utama untuk mendekatkan diri kita bersama keluarga, agar satu sama lain merasa dekat dan salung terbuka satu sama lain. bagi sahabat garap yang belum ada waktu untuk melakukan quality time semoga bisa mengaturnya dengan baik.

 

 

 

 

Hubungi kami:

Website: garapundangan.com
WhatsApp: +62 813-9938-9965

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *