Persiapan yang Diperlukan Saat Memutuskan Untuk Menikah Muda

Persiapan yang Diperlukan Saat Memutuskan Untuk Menikah Muda – Menikah muda memang bisa menjadi pilihan yang menarik bagi beberapa pasangan, tetapi perlu diingat bahwa persiapan yang matang juga sangat penting untuk memastikan keberhasilan hubungan dan kebahagiaan bersama. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dipertimbangkan:

 

1. Kesiapan Mental

 

Menikah muda berarti Anda akan menghadapi banyak tantangan dan pengalaman baru. Anda harus mempersiapkan diri secara mental dan emosi untuk menghadapi situasi ini. Komunikasi yang baik dengan pasangan juga sangat penting untuk membantu Anda mempersiapkan diri secara mental dan emosi.

 

 

2.  Kemampuan Finansial

 

Tak dimungkuri, kemampuan finansial tak kalah penting dipersiapkan dan dipikirkan sebelum menikah, apalagi nikah muda. Pastikan keuangan kamu dan pasangan mampu menyanggupi kebutuhan menikah, terlebih kehidupan setelah menikah. Sebab, kehidupan berumah tangga tak sedikit memerlukan biaya, ditambah kehadiran anak. Hal ini harus menjadi pertimbangan penuh sebelum menikah.

Selain itu, kamu dan pasangan juga harus sudah mandiri secara finansial. Sebab, kesiapan menikah juga kesiapan keduanya menghidupi diri dengan baik dan layak tanpa campur tangan orang tua serta mertua. Jangan sampai malah menambah beban keluarga setelah menikah.

 

BACA JUGA: 8 Tips Supaya Kamu Bisa Beli Rumah Sendiri Setelah Menikah

 

3. Restu dari Keluarga

 

Pernikahan tidak hanya menikahkan antara sepasang kekasih pria dan wanita saja. Melainkan pernikahan juga artinya menikahkan kedua keluarga antara keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pernikahan ini akan menyatukan kedua keluarga maka harus dilandasi oleh restu dari keluarga juga, khususnya restu dari orang tua.

 

Mempersatukan kedua keluarga adalah budaya yang ada di Indonesia. Meski yang menikah hanya sepasang kekasih, namun karena budaya yang sudah lama mengakar dan menjadi tradisi maka mempersatukan kedua keluarga adalah hal yang penting di dalam pernikahan.

 

Jika restu keluarga sudah didapatkan maka setelah menikah tentu keluarga baru kalian akan diperhatikan oleh kedua keluarga karena keduanya terlah merestui. Jika kalian tidak direstui tentu akan merepotkan hubungan kalian dengan keluarga ke depannya. Terutama pada saat ada acara besar keluarga kalian akan merasa sungkan jika pernikahan kalian tidak mendapat restu dari mereka.

 

 

4. Punya Tujuan Hidup yang Sama

 

selain karakter, hal lain yang tak kalah penting sebelum memutuskan menikah adalah tujuan hidup yang jelas dan maju. Hal ini bertujuan agar harapan atau target-target dalam pernikahan dapat tercapai dan meminimalkan kesalahpahaman.

Pastikan kamu dan pasangan mempunyai tujuan hidup yang sama. Tak hanya dalam hal besar, tapi juga kecil, sehingga sejalan dan sepemikiran. Dengan demikian, pernikahan kamu memiliki kejelasan serta menciptakan keluarga harmonis.

 

 

5. Membekali Diri Dengan Ilmu Agama

 

Ilmu agama tidak hanya akan menjadi bekal Anda di dunia. Ilmu agama juga akan menjadi bekal kelak di akhirat. Agar bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah, Anda dan pasangan harus membekali diri dengan ilmu. Perkaya diri Anda dengan ilmu agama, khususnya tentang pernikahan. Dengan memahaminya, maka pernikahan akan dijalani secara ringan.

 

 

 

Hubungi kami:

Website: garapundangan.com
WhatsApp: +62 813-9938-9965

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *